Rabu, 06 Maret 2013

Mengubah Port 80 Untuk menjalankan Apache Part III

Salam hangat kepada teman teman blogger sekalian.

Sebagai mana janji saya sebelumnya. Ini adalah saat nya untuk membeberkan segala hal untuk menjalankan port 80.
Insya Allah pada part ini teman blogger tidak perlu geleng-geleng kesulitan. tapi cukup geleng-geleng keriangan.
Ini merupakan unsur pengalaman saya sendiri.
Alhamdulillah dibalik kesulitan yang saya dapatkan saat itu, sekarang dapat #sharingTekhnologi dengan teman sekalian di #socialMedia ini.

Adapun cara mengaktifkannya dengan 2 cara:
Pertama, ini memang cukup simpel sih.
a. Silahkan teman-teman sekalian buka tempat instalasi XAMPP-nya, defaultnya sih pada C: XAMPP
b. setelah itu masuk ke dalam folder C: XAMPP\Apache\conf\httpd.conf
c. buka file httpd.conf menggunakan notepad
d. cari tulisan LISTEN 80
e. ganti menjadi 81, 85 or sesuka hari yang mudah di ingat.
f. simpan
g. buka browser anda, kemudian klik localhost:81 atau localhost:85 (yang teman gunakan)
h. SELAMAT MENIKMATI

Kedua, cara ini emang sangat panjang dan cukup ribet karena saya saja yang mengikuti sarannya masih puyeng bin pening. Tapi kalau mau dicoba juga kagak masalah sih.
a. buka command promt dengan CTRL + R, ketik cmd
b. ketik netstat -a -no, maka akan terlihat aplikasi dan sistem yang menggunakan port 80.
pengalaman saya kemarin port 80 digunakan oleh PID 4 dan 1549
c. untuk mengetahui PID tersebut ketikkan tasklist
pengalaman saya kemarin port 80 saya digunakan oleh sistem (4) dan anti virus avast (1549).

d. setelah mengetahui aplikasi yang menggunakannya, selanjutnya anda buka service
e. caranya adalah CTRL + Run ketikkan service.msc
f. cari tulisan pada name "World Wide Web", klik kanan kemudian stop.
g. Coba kembali XAMPP-Control Panel anda.
h. Selamat mencoba.

Kalau saya sih hanya pakai cara yang pertama saja.
Cukup simple dan sangat enak,
kalau dari sisi keamanannya saya kurang paham sih.

Selamat Mencoba.
Semoga #sharingIlmu saya di #socialMedia ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Insya Allah kedepannya saya juga akan sharing yang lain yang penting bagi kita
Thank you before..

Salam.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar